Ancaman KPK di DPR Berakhir?

Ancaman KPK di DPR Berakhir?
Ancaman KPK di DPR Berakhir?
2 minute read

Seiring dengan dilantiknya Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR, keanggotaannya di Pansus Hak Angket KPK pun ikut ditarik. Ancaman KPK berakhir?


PinterPolitik.com

“Jadi sebelum beliau dilantik sebagai Ketua DPR RI, Partai Golkar telah mengeluarkan instruksi kepada Ketua Fraksi Partai Golkar untuk lebih dulu menarik keanggotaan Bamsoet sebagai anggota Pansus Angket KPK.” ~ Airlangga Hartarto

Tanda tanya dan simpang siur mengenai siapa pengganti Setya Novanto (Setnov) sebagai ketua DPR RI, kini terjawab sudah. Setelah berseliweran nama lainnya, yaitu Agus Gumiwang Kartasasmita, akhirnya ‘pengikut’ kubu Aburizal Bakrie dapat bernapas lega. Anggota mereka, Bambang Soesatyo (Bamsoet), telah disetujui oleh sang Ketua Umum Airlangga Hartarto, untuk mendapatkan “kursi panas” tersebut.

Pada awalnya, kehadiran Bamsoet sebagai Ketua DPR, sempat membuat para pendukung KPK ketar ketir. Gimana enggak, anggota Komisi III ini, namanya juga tercatat sebagai anggota dalam Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket KPK. Tapi kekhawatiran ini langsung ditepis oleh Airlangga, dengan menarik semua kader Golkar dari keanggotaan Pansus tersebut.


Tapi itu ternyata enggak cukup, lho, karena nama Bamsoet sendiri, sebenarnya juga masuk sebagai salah satu saksi dalam kasus korupsi KTP Elektronik. Nah lho, jadi gimana dong? Enggak heran bila para pengamat politik mengingatkan Golkar, kalau ke depannya bisa saja akan ada konflik kepentingan antara Bamsoet dengan KPK. Hmmm, repot juga ya. Apa Airlangga tidak tahu masalah ini sebelumnya?

Tapi masa iya enggak tahu? Apalagi Bamsoet sebelumnya sempat mangkir saat dipanggil KPK sebagai saksi, terus gimana dong ini? Katanya mau mewacanakan Golkar yang bersih? Kok yang dipilih malah yang lagi terlibat masalah? Ya memang hanya jadi saksi aja sih, tapi kalau nantinya statusnya mendadak jadi tersangka gimana? Apa harus ada drama ala Papa Setnov dengan lain pemeran lagi? Repot juga.

Walau bagaimana pun, pidato Bamsoet seusai dilantik sebagai Ketua DPR memang perlu diapresiasi. Karena katanya sih, ia ingin memulas kembali citra DPR yang tercoreng agar kembali bersih. Salah satunya dengan memperkuat dan bersinergi dengan KPK, Kejaksaan, dan Kepolisian. Ciyus nih? Kalau gitu, jangan mangkir lagi kalau dipanggil KPK ya Pak Bamsoet. Anda sudah berkata di bawah sumpah, lho. Semoga saja, ini pertanda KPK sudah tidak terancam lagi ya. (R24)