Amien Rais: KPK Tak Angker

amien rais ke kpk
Amien Rais. (Foto: Inspira Data)
2 minute read

“Jika orang menjadi baik karena mereka takut mendapat hukuman atau mengharapkan hadiah, maka meraka berada dalam penyesalan yang besar.” ~Albert Einstein


PinterPolitik.com

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mendadak heboh mengomeli Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah komisi tersebut mencegah Wakil Ketua Umum PAN Taufik Kurniawan berpergian keluar negeri. Saking kesalnya, Amien Rais sempat memperingatkan KPK, kalau dunia berputar. Yaaa, terus?

Jadi gaes, Taufik saat ini berstatus sebagai saksi terkait pengembangan penyelidikan suap proyek yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pada APBN 2016, senilai Rp100 miliar. Taufik diduga mengetahui pengurusan anggaran tersebut. Makanya, demi kepentingan penyelidikan, Taufik dilarang ke luar negeri. Tapi herannya, kenapa Amien Rais yang kesal?

Menurut Amien Rais, dosa Taufik tak sebanding dengan beberapa oknum terkait kasus korupsi lainnya yang pernah di cekal KPK keluar negeri. Pencegahan tersebut dipandang tidak adil.

Tapi kalau dipikir-pikir, namanya juga pencegahan. Nanti kalau ternyata ada hal yang penting terus doi di luar negeri kan jadi repot. Penyelidikan bisa ngaret. Tentu juga ada banyak pertimbangan lain yang membuat Taufik di tahan.

Lagipula, doi kan cuma dilarang ke luar negeri. Cuma enam bulan doang loh. Kayaknya berat banget. Kenapa? Doi suka mendadak lupa kalau nggak keluar negeri? Nggak kan? Hayooo, sebenarnya ada apa nih?

Beberapa kali Amien Rais mengatakan ingin menemui Ketua KPK Agus Rahardjo untuk membicarakan soal pengenaan status cegah bagi Taufik. Namun sayangnya, beberapa waktu lalu, setelah sekitar 45 menit berada di dalam gedung KPK, Amien Rais gagal menemui pimpinan dan para komisioner KPK lainnya karena sedang tak berada di kantor.

Setelah keluar dari kantor KPK, Amien mengatakan kalau KPK tak angker sama sekali. Selama ini hanya diangker-angkerkan saja. Amien pun mengatakan akan kembali lagi dengan membawa sejumlah perkara kasus dugaan korupsi secara langsung kepada pimpinan KPK.

Yowis, ditunggu deh berkas perkaranya. Siapa tahu dapat Rp 200 juta. Tapi ngomong-ngomong, Pak Amien nggak mau ngasih bocoran gitu, kira-kira kasus apa sih yang mau dilaporkan? (E36)