Amien Rais Bikin PAN Terpuruk?

amien rais pensiun
Amien Rais. (Foto: Detik)
2 minute read

“Merendahkan orang lain tidak membuat kita luhur, malah justru menistakan diri kita.” ~KH. Ahmad Mustofa Bisri


PinterPolitik.com

Lingkaran Survei Indonesia Denny JA baru saja mengeluarkan hasil penelitian yang gurih untuk digoreng oleh para partai politik. Ya, LSI baru saja mengeluarkan survei perolehan suara partai politik yang penelitiannya telah dilakukan selama lima bulan berturut-turut.

Hasilnya, PAN masih berada di bawah PKS dan PPP. Kannn, kasian yaa, partainya udah sering bikin drama macam-macam, eh tapi tetap kalah populer. Edededeh

Kalau dilihat-lihat, PAN selama lima bulan terakhir hanya memperoleh hasil suara yang stagnan di angka 1 persen. Agustus PAN memperoleh 1,4 persen, Septermber sebanyak 1,5 persen, Oktober mendapat 1,9 persen, November memperoleh 1,6 persen dan Desember hanya memperoleh 1,8 persen.

Sementara itu PKS memperoleh suara berturut-turut dari Agustus sampai Desember sebesar 3,9 persen, 4,1 persen, 2,6 persen, 2,9 persen, dan 3,3 persen. Kalau PPP dapat sebanyak 3,2 persen, 3 persen, 2,9 persen, 3,4 persen, 3 persen.

Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa mengatakan, ada beberapa faktor yang dapat mengakibatkan menurunnya elektabilitas partai, misalnya saja seperti tidak adanya figur kuat dalam partai atau karena program partainya yang kurang  disukai dan diterima masyarakat.

Kemudian, LSI menilai kalau sekarang pamor yang dimiliki Amien Rais sebagai tokoh dan Ketua Dewan Kehormatan di PAN sudah menurun. Nggak super power lagi gitu loh. Dan ini juga disebut menjadi penyebab anjloknya suara PAN. Ehh tapi masa sih?

Menurut eike Amien Rais tuh masih powerful loh, tapi di partainya sendiri. Hiya, hiya, hiya.

Kalau dilihat-lihat Amien Rais itu galak. Tapi nggak cukup galak untuk maksa rakyat memilih PAN. Hihihihi Click To Tweet

Kalau dulu kan memang terbukti kalau sosok Amien Raislah yang membawa PAN lolos ke parliamentary threshold di 2004 dan 2009. Gimana ya, doi kan terkenal sebagai cendekiawan politik yang cukup disegani. Namun sekarang pamornya sudah menukik ke bawah. Karena apa? Karena sudah tua? Karena salah gaul? Atau karena kerap membuat pernyataan sensasional?

Tahan, Sahabat. Pertanyaan-pertanyaan nakalnya harap disimpan dulu. Kemungkinan di atas itu mungkin saja terjadi, soalnya eik sendiri suka bingung kalau doi nongol di tv. Wkwkwk, maaf-maaf aja nih, soalnya sekarang cara bicaranya kurang elegan sih.

LSI sendiri mengaku harus melakukan kajian mendalam untuk mengetahui penyebab jatuhnya pamor Amien saat ini.

Sementara itu, saran yang dapat diberikan LSI cuma satu, kalau bisa PAN harus mencari pendongkrak lain yang dapat menaikkan elektabilitas partai demi kesuksesan Pemilu 2019. Eaaa, tapi masalahnya, emang PAN berani? Hihihihi. (E36)