AHY: Saya Unggul Debat Perdana

    3 minute read

     

    “Saya merasa mengungguli dari (calon) yang lain, dan mematahkan persepsi bahwa saya tidak siap. Saya menjawab pertanyaan dengan argumentasi yang solid,” kata Agus.


    pinterpolitik.comSenin, 16 Januari 2017.

    JAKARTA – Debat perdana calon Gubernur DKI Jakarta yang berlangsung Jumat kemarin sangatlah tegang. Para pasangan calon saling menunjukkan keunggulan dan visi-misi masing-masing. Debat yang dipimpin oleh Ira Koesno ini mengambil tema “Sosial-ekonomi, pendidikan-kesehatan, dan lingkungan-transportasi”.

    Usai debat perdana Pilkada DKI 2017, Cagub DKI nomor urut 1, Agus Harimurti Yudhoyono sangat yakin dan optimis tentang hasil debat semalam. Ketika ditanya tentang anggapan bahwa dirinya terlalu banyak menghafal, Agus juga menjawabnya dengan sangat yakin.

    “Saya merasa mengungguli dari (calon) yang lain, dan mematahkan persepsi bahwa saya tidak siap. Saya menjawab pertanyaan dengan argumentasi yang solid,” kata Agus.

    Tidak berhenti disitu saja, penilaian Agus Yudhoyono terhadap jalannya debat kemarin, banyak pihak yang tidak menyangka AHY tampil dengan sangat percaya diri. Pihak-pihak yang meremehkannya, kata Agus, tercengang oleh apa yang ditunjukkannya saat beradu gagasan dengan dua paslon lainnya.

    “Mereka selama ini meremehkan, underestimate AHY, tidak siap (debat), takut debat, dan lain sebagainya. Begitu tadi malam, mereka baru tahu,” tegas Agus.

    Agus menegaskan bahwa dirinya merupakan calon Gubernur rakyat, karena kegiatan gerilya dan bertemu langsung dengan masyarakat.

    “Saya enggak ingin jadi Gubernur debat, tetapi saya Gubernur rakyat. Komentar enggak jelas paling satu dua, saya enggak tahu, meragukan sumber dan metodelogi dari mana. Tetapi siapapun itu tidak saya tidak masalah,” tegas Agus.

    Senada dengan Agus Yudhoyono, juru kampanye (jurkam) sekaligus istri dari calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono, Annisa Pohan, mengatakan sangat bangga akan penampilan debat suaminya di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

    “Saya optimis sebagai istri, sangat bangga sekali dengan suami saya malam hari ini. Semoga selanjutnya lebih baik,” kata Annisa di Jakarta.

    Begitupun penilaian dari Ibunda Agus Yudhoyono, Ibu Ani Yudhoyono pun mengutarakan kebanggaan akan penampilan debat pertama anaknya.

    “Selama ini orang mengatakan bahwa Agus anak ingusan, yang kedua dia tidak berani debat. Tapi hari ini, malam ini dia membuktikan dia berani melakukan perdebatan dengan paslon lainnya,” jelasnya.

    Namun Ani menilai performa Agus dalam debat itu masih perlu disempurnakan untuk debat selanjutnya. Kendati begitu, dia enggan mengungkapkan kekurangannya.

    Ani juga meyakini Agus memiliki sejumlah pengalaman yang diturunkan langsung oleh ayahnya, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. “Jangan lupa, Pak SBY dua kali jadi presiden, punya pengalaman, dan pengalaman itu diturunkan kepada putranya,” kata Ani.

    Di tempat lain, debat Pilkada 2017 juga ramai diperbincangkan di dunia maya, khususnya di twitter. Ada yang mengkritik dan juga memberikan saran. Namun, tak sedikit pula yang melayangkan kalimat-kalimat jenaka namun sarat makna. Berikut ini infografis persentase kandidat yang paling banyak dibicarakan selama debat berlangsung.

    Debat putaran pertama ini disiarkan langsung oleh tiga stasiun televisi dan siaran tunda oleh 7 stasiun TV lainnya. Debat selanjutnya akan dilaksanakan pada 27 Januari dan 10 Februari. (berbagaisumber/A15)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here