Ahmad Dhani Tak Perlu Dihukum?

kasus hukum ahmad dhani
Ahmad Dhani. (Foto: Tribunnews)
2 minute read

“Jalan berikutnya menuju kehancuran moral adalah penghinaan terhadap sifat manusia.” ~Anonim


PinterPolitik.com

Seperti yang kita ketahui ya gaes, dalam hidup ini apapun bisa diartikan sebagai A atau B atau bahkan Z tergantung dari persepsi mana kita melihatnya. Apa lagi kalau yang dilihat itu soal moral, beuhh, macam-macam sekali mahzabnya.

Nah, terkait dengan kasus ujaran kebencian yang sedang dijalani Ahmad Dhani, ada persepsi baru, yang kalau dipikir-pikir, sebenarnya kata ‘idiot’ yang dilontarkan musisi yang merangkap jadi politikus dan kini menjadi tersangka kasus hukum tersebut, tidak mengandung unsur pidana.

Beberapa waktu lalu Ahmad Dhani datang menemui Wakil Ketua DPR Fadli Zon di gedung DPR, Senayan, Jakarta. Terjadilah audiensi di sana. Kemudian, Fadli menyimpulkan, kata ‘idiot’ yang disampaikan Dhani sama seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait politikus sontoloyo.

Fadli pun heran, masa ngomong bodoh, bangsat, jadi suatu tindak pidana?

Kalau Ahmad Dhani bebas hukum, apakah artinya kalau menghina orang yang berbeda pandangan politik itu wajar? Click To Tweet

Hmm, ya, sekali lagi itu kan persepsi, yang bisa dibilang unik, dari seorang Fadli. Anda-Anda sekalian yang berpikiran mainstream seperti saya boleh menerima pendapat tersebut boleh protes. Ini negara demokratis. Ya khan?

Tapi gimana ya… kalau di antara pertemanan mengucapkan kata-kata ‘kasar mengasyikkan’ macam begitu ya mungkin selaw aja. Selama temen nggak jadi marah dan ingin menonjok wajah kita yak an? Meski begitu, kita juga harus sadar, kalau pernyataan kasar tersebut juga bisa memancing dan menyinggung amarah orang lain.

Sekarang kalau diperhatikan, kadang emang omongan Ahmad Dhani memang menyebalkan. Lidahnya berasa enteng banget gitu ngata-ngatain orang yang berbeda pandangan politik dengannya. Itu yang menurutku malah memancing amarah, memprovokasi dan merusak demokrasi.

Harusnya mah kalau mau demokratis, saling menghargai ajalah. Apalagi bukan yang pertama Ahmad Dhani digugat karena ucapannya. Tahun 2017 juga pernah kan dituntut karena mengatakan pendukung calon tertentu pantas diludahi mukanya.

Weleh-weleh, kalau Dhani memang orang yang bijaksana, harusnya dia menyadari perbuatannya dan berhenti mencari pembenaran. Siapa tahu, hukuman yang menimpanya bisa menjadi pembelajaran banyak orang. Ya khan?

Tapi itu sih hanya dari persepsiku aja ya. Kalau menurut kalian gimana gaes, wajar nggak sih jika Ahmad Dhani dihukum? (E36)