Agus Yudhoyono Akan Bangun Upaya Preventif Cegah Teroris

    2 minute read

    Calon gubernur Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono berbicara masalah terorisme. Agus punya cara sendiri untuk mencegah aksi yang selalu membuat takut dan resah masyarakat dari tindak terorisme. Dirinya akan membangun misi tersebut terutama dalam lingkup Jakarta yang merupakan Ibukota Indonesia kelak jika ia terpilih dalam Pilgub DKI 2017 nanti.

    “Semua tentu kita melihat pada konteksnya. Artinya kita lihat dulu apa yang meyebabkan gerakan yang terjadi di bawah. Kita lihat sumber masalahnya,” kata Agus menjawab pertanyaan itu, di Bidaracina, Jakarta Timur, Sabtu (24/12/2016).

    Menurut Agus, upaya preventif atau pencegahan harus dilakukan. Upaya ini bisa terwujud melalui pendidikan untuk membentuk mental masyarakat yang baik, dimulai dari segi pendidikan.

    “Kita lakukan upaya preventif, prevention acts major. Jangan sampai kejadian dulu baru kita kebingungan. Pencegahan jauh lebih baik, kita yakinkan sumber kekerasan itu apa. Di situlah kita masuk melalui edukasi dan pendekatan humanis,” paparnya.

    Suami dari Annisa Pohan ini lantas berkata akan mencari faktor-faktor penyebab terorisme ini. Misal karena kemiskinan atau ketidakadilan yang berlebih ditambah doktrin-doktrin sesat yang dilancarkan para pelaku teroris, Agus akan mengatasinya.

    “Kalau faktor penyebabnya kemiskinan dan ketidakadilan yang berlebihan, itu kita harus atasi permasalahan tersebut. Penegak hukun memiliki peran penting. Harus ada quick response yang profesional namun tak berlebihan,” tutup mantan Komandan Rayon Arya Kemuning 206 itu.

    Share On
    Baca juga :  Calon Tunggal di Pilkada